Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo
(Bagian 12)
2. Melafal Amituofo
: melafal Amituofo dibangkitkan dari dalam hati, lalu dimunculkan keluar
melalui mulut melafal, suara lafalan ini masuk kembali ke dalam telinga, setiap
patah katanya begitu jelas, siang malam berkesinambungan tak terputus.
Demikianlah pikiran dan mulut saling terjalin, dengan pikiran suci melafal
Amituofo berkesinambungan, maka pasti bisa mencapai “Pikiran Terfokus Tak
Tergoyahkan”.
Ada 10 cara melafal Amituofo yaitu :
1. Melafal
Dengan Nada Suara Tinggi (Suara Nyaring)
Melafal
Amituofo boleh dilakukan dengan nada suara nyaring. Sutra “Ye Bao Cha Bie Jing”
menyebutkan bahwa melafal Amituofo dengan suara nyaring, memiliki 10 jasa
kebajikan :
1. Dapat
mengusir rasa kantuk
2. Mara jadi
gentar dan ketakutan
3. Suara
memenuhi sepuluh penjuru
4. Siksaan
di tiga alam rendah jadi reda
5. Suara
dari luar tidak dapat masuk
6. Pikiran
tidak terpencar
7. Ketekunan
tanpa gentar
8. Para
Buddha bersukacita
9. Samadhi
muncul ke permukaan
10. Terlahir
ke Tanah Suci Sukhavati
Tetapi melafal dengan suara nyaring dapat menyebabkan sakit
tenggorokan dan suara jadi parau, jadi tidak boleh melafal dengan cara begini
untuk jangka waktu yang lama.
2. Melafal
Dengan Nada Suara Rendah (Suara Kecil)
Saat sedang lelah, atau sedang berada dalam lingkungan yang tidak
mengijinkan kita bersuara keras, maka boleh melafal dengan suara rendah, tetapi
harus melafal dengan jelas, sehingga telinga dapat mendengar dengan jelas,
dalam hati membangkitkan ketulusan sepenuhnya, melafal berkesinambungan tak
terputus, setelah mengamalkannya untuk jangka waktu yang lama, juga dapat mencapai
“Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan”.
3. Melafal di
Dalam Hati (Tidak Bersuara)
Apabila lingkungan sekitar tidak mengijinkan kita mengeluarkan
suara, atau di tempat yang tidak bersih (contohnya toilet, tempat tidur dsb),
maka hanya boleh melafal di dalam hati, meskipun demikian, tetap menyadarinya
dengan jelas akan lafalan Amituofo tersebut, telinga mendengar lafalan dalam
hati dengan jelas. Lama kelamaan setelah ketrampilan jadi mahir, dengan
sendirinya akan mencapai Samadhi Pelafalan Amituofo.
Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu
Judul :
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
念佛法门
(十二)
持名念佛:一定要三业清净,口念佛号,心止散乱,念从心起,声从口出,音从耳入,字字分明,句句清楚,日夜无间。如是心口相应,净念相继,必得一心不乱。
至于念佛的方法很多,综合而言,大概有以下十种:
一高声念:持名念佛,可以高声唱念佛号。业报差别经说:高声念佛,有十种功德:一能除睡障,二天魔惊怖,三声遍十方,四三涂息苦,五外声不入,六心不散乱,七勇猛精进,八诸佛欢喜,九三昧现前,十往生净土。但高声唱念,会导致喉痛喑哑,不宜久持。
二低声念:当精力疲倦,或人地有障碍时,可以改用低声念,但必须口念清楚,耳听明白,心意至诚恳切,念念无间,持之以恒,亦可以达到一心不乱。
三默念:如果环境上高声低声都不适宜,或在不净之处,唯有心中默念。默念佛时,以舌根敲击前齿,心念口移,声不出口,但音声历然,耳根内闻,句句分明,日久功深,自然证得念佛三昧。
节录自 :