Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo
(Bagian 1)
Ceramah ini terbagi atas :
Bab 1. Alasan Membangkitkan
Tekad Terlahir ke Alam Sukhavati
Bab 2. Syarat Terlahir ke
Alam Sukhavati
Bab 3. Manfaat
Membangkitkan Tekad Terlahir ke Alam Sukhavati
Hari ini, saya ingin
memperkenalkan kepada hadirin sekalian tentang Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.
Melafal adalah melafal baik diucapkan keluar maupun dilafal di dalam hati, sedangkan nama Buddha itu amat banyak, di sepuluh penjuru
dan tiga masa juga terdapat para Buddha, yang paling kita kenal adalah Buddha
Sakyamuni, Buddha Bhaisajyaguru, Buddha Amitabha, jadi nama Buddha yang mana
yang mesti kita lafal?
Menurut teori, melafal nama Buddha yang mana saja juga
boleh, juga ada jasa kebajikannya, tapi, apabila kita membangkitkan tekad
terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, berharap semoga saat menjelang ajal nanti,
Buddha Amitabha datang menjemput kita terlahir ke Alam Sukhavati, maka mesti
menfokuskan pikiran melafal : “Namo Amituofo”.
Oleh karena Buddha Amitabha memiliki kekuatan tekad yang
sempurna, bukan hanya demi diri kita sebagai makhluk yang diliputi penderitaan, sehingga menciptakan Alam Sukhavati yang
indah menakjubkan, bahkan juga bertekad untuk datang secara langsung menjemput
praktisi pelafal Amituofo, terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Maka itu, Bodhisattva Maha Maitri mengucapkan : “Diantara
para Buddha di sepuluh penjuru dan dari tiga masa, Buddha Amitabha merupakan
yang terunggul”.
Bodhisattva Mahasthamaprapta juga menyebutkan : “Samadhi
Pelafalan Amituofo sebagai yang paling terunggul”.
Dipetik dari :
Ceramah Master
Wen Zhu
Judul :
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
念佛法门
(一)
今天,我要为各位介绍念佛法门。念是心念、想念、忆念,称念,佛是佛的名号。佛的名号很多,十方三世都有佛,我们最熟悉的是释迦牟尼佛,药师佛,阿弥陀佛,还有,晚课所诵念的八十八佛,究竟应该念那一尊佛的圣号呢?在道理上说:念那尊佛的圣号都可以,都有功德,但,如果我们发愿求生净土,希望临命终时,佛来接引往生极乐世界的话,就要一心称念:‘南无阿弥陀佛’。
因为阿弥陀佛的愿力殊胜,不但特别为我们的苦恼众生,创造一个美妙极乐的世界,还发愿亲自来接引念佛的人,往生净土。所以,不止大慈菩萨说:‘十方三世佛,阿弥陀第一。’大势至菩萨亦说:‘念佛三昧,最为第一。’
节录自 :