Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo
(Bagian 10)
Bab
2. Syarat Terlahir ke Alam Sukhavati
Untuk terlahir ke Alam Sukhavati
haruslah mempersiapkan berbagai persyaratan, diantaranya ada “Pelaksanaan Utama”
dan “Pelaksanaan Pendukung”.
1.
Melafal
Amituofo Merupakan Pelaksanaan Utama
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
merupakan Pelaksanaan Utama, yang masih
dapat dibagi menjadi “bekal untuk terlahir ke Alam Sukhavati” dan “cara melafal Amituofo”.
1.
Bekal untuk terlahir ke Alam Sukhavati
Bekal untuk terlahir ke Alam Sukhavati adalah yakin, bertekad dan melafal Amituofo.
Jadi untuk terlahir ke Alam Sukhavati harus mempunyai keyakinan mendalam, tekad
yang bulat dan melafal Amituofo. Tiga bekal ini ibarat pot berkaki tiga,
satupun tidak boleh kekurangan.
1. Yakin : Yakin adalah
meyakini dan menerima, lautan luas Buddha Dharma, tidak mungkin bisa diselami
tanpa keyakinan. Avatamsaka Sutra menyebutkan bahwa segala jasa kebajikan dan Kusala Dharma adalah
muncul dan dikembangkan dari keyakinan. Terutama Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo, lebih membutuhkan keyakinan mendalam.
Yakin secara mendalam
pada Alam Sukhavati yang dipuji oleh para Buddha di sepuluh penjuru, yakin
bahwa Alam Sukhavati adalah nyata adanya, bukan khayalan semu, maka itu mesti
mengikrarkan tekad terlahir di Negeri Buddha Amitabha.
Yakin secara mendalam
bahwa dengan menfokuskan pikiran melafal Amituofo pasti berhasil terlahir ke
Alam Sukhavati; walaupun Alam Sukhavati berada di kejauhan, sejauh 10 triliun
Alam Buddha, namun dengan mengandalkan kekuatan Buddha dengan maitri karunaNya
menuntun para makhluk, begitu ada praktisi yang melafal Amituofo dan
mengikrarkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka Buddha Amitabha pasti datang
menjemputnya terlahir ke Alam Sukhavati.
Yakin secara mendalam
bahwa setelah terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya takkan mengalami kemunduran
lagi, oleh karena lingkungan Alam Sukhavati yang istimewa, jodoh pendukung yang
unggul, bukan hanya senantiasa bertemu Buddha mendengar pembabaran Dharma,
bahkan air, burung jelmaan, barisan pepohonan, semuanya ini senantiasa mengalunkan
irama Dharma, siang malam enam periode waktu, baik mata memandang maupun
telinga mendengar, seluruhnya adalah Buddha Dharma; selamanya berkumpul bersama
para insan yang memiliki kebajikan tertinggi, saling memberi motivasi melatih
diri, sehingga yang ada hanya mengalami kemajuan batin tanpa kemunduran sama
sekali, ditambah usia yang panjang, maka itu hanya dalam satu kelahiran dapat
menyempurnakan KeBuddhaan, memperoleh ramalan pencapaian KeBuddhaan dari Buddha
Amitabha, begitu terlahir di Alam Sukhavati sudah mencapai tingkatan Calon
Buddha.
Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu
Judul :
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
念佛法门
(十)
二、往生极乐的条件
求生极乐世界的条件,必需要具备正行与助行。
(一)念佛正行
念佛法门的正行,可分为往生的资粮,念佛的类别,以及念佛的方法,三点来说明。
(1)往生的资粮
往生的资粮,是信、愿、行。求生极乐世界,必须具备深信,切愿,实行三种资粮,如鼎三足,缺一不可。
1.信:信是信受,佛法大海,非信莫入。华严经说:‘信为道源功德母,长养一切诸善根。’特别是念佛法门,更要深信。
深信十方诸佛,所称赞的极乐国土,真实存在,并非假设,应当发愿,求生彼国。
深信一心念佛,决定可以往生;虽然极乐国土,远在十万亿佛土以外,但凭佛力慈悲摄受,一称佛号,发愿求生,佛必来迎,接引往生。
深信往生极乐国土,即得不退转,因为极乐国土,环境特别,助缘殊胜,不止常得见佛闻法,而且水鸟行树,皆宣法音,昼夜六时,耳濡目染,无非佛法;恒与诸上善人俱会一处,互相策励,唯进无退,加以寿命又长,一生即可以成办佛事,蒙佛授记,补佛之处。
节录自 :