Sabtu, 09 Juli 2016

Pelafalan Amituofo 04



Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
(Bagian 4)

 Lantas mengapa kita harus membangkitkan tekad  terlahir ke Alam Sukhavati? Syarat apa saja yang mesti dipersiapkan supaya bisa terlahir di sana? Apa saja manfaat dengan membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati? Sekarang marilah kita bersama-sama mendalaminya, mencari keluar jawaban yang tepat, kemudian mengamalkannya, melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.

Bab 1. Alasan Mengikrarkan Tekad Terlahir ke Alam Sukhavati

Para Buddha di sepuluh penjuru menasehati kita melafal Amituofo membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, ada banyak alasannya, diantaranya yang terpenting ada 4 butir yakni :

1.      Jalinan Jodoh Yang Istimewa

Meskipun ajaran semua Buddha adalah sama dan pencapaian setiap Buddha adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun lebih rendah, tetapi tekad yang diikrarkan semasa pelatihan diri masing-masing itu berbeda.  

Buddha Amitabha semasa pelatihan diriNya, mengikrarkan 48 tekad, mewujudkan tanah suci, menuntun para makhluk terlahir ke NegeriNya, bahkan juga mengikrarkan tekad, datang secara langsung menjemput praktisi pelafal Amituofo, sehingga Bodhisattva Maha Maitri mengatakan : “Diantara para Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, Buddha Amitabha merupakan yang terunggul”.

“Sui Yuan Wang Sheng Jing (Sutra Menuruti Tekad Terlahir ke Alam Buddha)” menyebutkan : “Sepuluh penjuru Alam Buddha, seluruhnya berwibawa nan suci, meskipun bertekad namun tidak pasti bisa berhasil terlahir di sana, jadi tak sebanding dengan Negeri Buddha Amitayus, mengapa demikian? Oleh karena Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, saat menjadi praktisi pemula (saat pertama kali membangkitkan niat melatih diri), adalah bermula dari alam ini, maka itu berjodoh dengan para makhluk di sini”.  

Pantas saja para makhluk di dunia ini, begitu akrab dengan “Tiga Suciwan Alam Sukhavati”, seperti apa yang dikatakan sebagai : “Setiap keluarga pasti ada memuja Buddha Amitabha dan Bodhisattva Avalokitesvara”. Setiap ada kesusahan pasti memohon pada Bodhisattva Avalokitesvara; setiap ada kegembiraan atau sedang bersedih hati, tanpa disadari pasti akan memanggil sepatah “Amituofo”.

Maka itu siksaan apa yang sedang dialami oleh anak cucuNya di dunia ini, kapan bisa terselamatkan, “Tiga Suciwan Alam Sukhavati” yang paling jelas mengetahuinya, maka itu sengaja menyeleksi apa yang terbaik dari 21 koti Alam Buddha, segala kewibawaan dan manfaat, untuk membangun sebuah alam yang memiliki kewibawaan nan istimewa, Alam Sukhavati yang sungguh indah menakjubkan, sebagai tempat yang nyaman dan damai bagi sanak keluarga dari alam saha, dan juga semua makhluk di sepuluh penjuru alam.

“Tiga Suciwan Alam Sukhavati” memiliki jalinan jodoh yang begitu istimewa dengan para makhluk di alam saha, andaikata kita tidak mau melafal Amituofo dan malah berniat terlahir di alam lainnya, bukankah ini telah menyia-nyiakan harapan “orang sekampung”  kita, yakni budi kebajikan Buddha Amitabha?

Dipetik dari :
 Ceramah Master Wen Zhu 
Judul : Pintu Dharma Pelafalan Amituofo


念佛法门
()

但我们为甚么要求生极乐世界?又要具备甚么条件始可以往生?求生极乐世界有甚么好处?现在,先让我们逐一研究,找出正确的答案,然后,实行修持念佛法门。

一、求生极乐的理由

十方诸佛,劝导我们念佛发愿,求生极乐世界的理由很多,其中最主要有以下四点:

(一)缘份特殊

虽然,佛佛道同,证理平等,无有高下,但诸佛因中发愿,彼此互异。阿弥陀佛因中发四十八愿,成就净土,摄受众生,来生其国,而且发愿,亲来接引念佛众生,故大慈菩萨说:十方三世佛, 阿弥陀第一。

随愿往生经说:十方佛土,皆悉严净,随愿并得往生,但悉不如无量寿佛国,何意如此?因阿弥陀佛,与观音大势至,初发心时,从此界去,于此众生,偏是有缘。难怪此土众生,对西方三圣是那么熟悉、亲切,所谓:家家弥陀佛,户户观世音。凡有急难,无不恳求观音菩萨,大慈大悲救苦救难:凡是特别开心,或遭受委屈时,就不自觉地叫一声,阿弥陀佛;原来娑婆世界,是西方三圣的故乡。故乡的子孙们,是何等的苦恼?又是何等急于需要救济?西方三圣是知道最清楚的,所以开始发心修行时,就决意摄取二十一亿清净佛国中,所有的庄严与福利,来建设一个特别庄严,非常美妙的极乐世界,来安顿故乡苦恼的亲人,以及其他十方世界,所有苦恼的众生。古人说:弥陀骨肉亲,也许就是根据西方三圣,与娑婆世界众生,偏是有缘而说!如果我们不念阿弥陀佛,发愿求生其国,岂不是辜负我们的乡亲父老——阿弥陀佛的恩德?

节录自 :