Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo
(Bagian 4)
Lantas mengapa kita harus membangkitkan
tekad terlahir ke Alam Sukhavati? Syarat
apa saja yang mesti dipersiapkan supaya bisa terlahir di sana? Apa saja manfaat
dengan membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati? Sekarang marilah kita
bersama-sama mendalaminya, mencari keluar jawaban yang tepat, kemudian
mengamalkannya, melatih Pintu Dharma Pelafalan Amituofo.
Bab 1. Alasan
Mengikrarkan Tekad Terlahir ke Alam Sukhavati
Para Buddha di sepuluh penjuru
menasehati kita melafal Amituofo membangkitkan tekad terlahir ke Alam
Sukhavati, ada banyak alasannya, diantaranya yang terpenting ada 4 butir yakni
:
1. Jalinan
Jodoh Yang Istimewa
Meskipun ajaran semua Buddha adalah
sama dan pencapaian setiap Buddha adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi
maupun lebih rendah, tetapi tekad yang diikrarkan semasa pelatihan diri
masing-masing itu berbeda.
Buddha Amitabha semasa pelatihan
diriNya, mengikrarkan 48 tekad, mewujudkan tanah suci, menuntun para makhluk
terlahir ke NegeriNya, bahkan juga mengikrarkan tekad, datang secara langsung
menjemput praktisi pelafal Amituofo, sehingga Bodhisattva Maha Maitri
mengatakan : “Diantara para Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa, Buddha
Amitabha merupakan yang terunggul”.
“Sui Yuan Wang Sheng Jing (Sutra Menuruti
Tekad Terlahir ke Alam Buddha)” menyebutkan : “Sepuluh penjuru Alam Buddha,
seluruhnya berwibawa nan suci, meskipun bertekad namun tidak pasti bisa
berhasil terlahir di sana, jadi tak sebanding dengan Negeri Buddha Amitayus,
mengapa demikian? Oleh karena Buddha Amitabha, Bodhisattva Avalokitesvara dan
Bodhisattva Mahasthamaprapta, saat menjadi praktisi pemula (saat pertama kali
membangkitkan niat melatih diri), adalah bermula dari alam ini, maka itu berjodoh
dengan para makhluk di sini”.
Pantas saja para makhluk di dunia ini, begitu
akrab dengan “Tiga Suciwan Alam Sukhavati”, seperti apa yang dikatakan sebagai
: “Setiap keluarga pasti ada memuja Buddha Amitabha dan Bodhisattva
Avalokitesvara”. Setiap ada kesusahan pasti memohon pada Bodhisattva
Avalokitesvara; setiap ada kegembiraan atau sedang bersedih hati, tanpa
disadari pasti akan memanggil sepatah “Amituofo”.
Maka itu siksaan apa yang sedang dialami
oleh anak cucuNya di dunia ini, kapan bisa terselamatkan, “Tiga Suciwan Alam
Sukhavati” yang paling jelas mengetahuinya, maka itu sengaja menyeleksi apa
yang terbaik dari 21 koti Alam Buddha, segala kewibawaan dan manfaat, untuk
membangun sebuah alam yang memiliki kewibawaan nan istimewa, Alam Sukhavati
yang sungguh indah menakjubkan, sebagai tempat yang nyaman dan damai bagi sanak
keluarga dari alam saha, dan juga semua makhluk di sepuluh penjuru alam.
“Tiga Suciwan Alam Sukhavati” memiliki
jalinan jodoh yang begitu istimewa dengan para makhluk di alam saha, andaikata
kita tidak mau melafal Amituofo dan malah berniat terlahir di alam lainnya, bukankah
ini telah menyia-nyiakan harapan “orang sekampung” kita, yakni budi kebajikan Buddha Amitabha?
Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu
Judul :
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
念佛法门
(四)
但我们为甚么要求生极乐世界?又要具备甚么条件始可以往生?求生极乐世界有甚么好处?现在,先让我们逐一研究,找出正确的答案,然后,实行修持念佛法门。
十方诸佛,劝导我们念佛发愿,求生极乐世界的理由很多,其中最主要有以下四点:
(一)缘份特殊
虽然,佛佛道同,证理平等,无有高下,但诸佛因中发愿,彼此互异。阿弥陀佛因中发四十八愿,成就净土,摄受众生,来生其国,而且发愿,亲来接引念佛众生,故大慈菩萨说:‘十方三世佛, 阿弥陀第一。’
随愿往生经说:‘十方佛土,皆悉严净,随愿并得往生,但悉不如无量寿佛国,何意如此?因阿弥陀佛,与观音大势至,初发心时,从此界去,于此众生,偏是有缘。’难怪此土众生,对西方三圣是那么熟悉、亲切,所谓:‘家家弥陀佛,户户观世音。’凡有急难,无不恳求观音菩萨,大慈大悲救苦救难:凡是特别开心,或遭受委屈时,就不自觉地叫一声,‘阿弥陀佛’;原来娑婆世界,是西方三圣的故乡。故乡的子孙们,是何等的苦恼?又是何等急于需要救济?西方三圣是知道最清楚的,所以开始发心修行时,就决意摄取二十一亿清净佛国中,所有的庄严与福利,来建设一个特别庄严,非常美妙的极乐世界,来安顿故乡苦恼的亲人,以及其他十方世界,所有苦恼的众生。古人说:‘弥陀骨肉亲’,也许就是根据西方三圣,与娑婆世界众生,‘偏是有缘’而说!如果我们不念阿弥陀佛,发愿求生其国,岂不是辜负我们的乡亲父老——阿弥陀佛的恩德?
节录自 :