Pintu Dharma Pelafalan
Amituofo
(Bagian 2)
Di dalam Maharatnakuta Sutra, Mahaprajnaparamita Sutra, Mahavaipulya
mahasamghata Sutra dan sutra-sutra Mahayana lainnya, Buddha Sakyamuni juga
memuji Buddha Amitabha, jasa kebajikanNya yang tak terbayangkan, bersamaan itu
pula memberitahukan pada kita, para Buddha di sepuluh penjuru, semuanya juga
memuji Buddha Amitabha, kekuatan tekadNya yang terunggul, jasa kebajikan yang
tak terbayangkan, menasehati kita mesti membangkitkan tekad terlahir ke Negeri
Buddha Amitabha.
Konon Master Fa Zhao yang hidup pada masa Dinasti Tang,
merupakan seorang Bhiksu senior yang disiplin dalam menjalankan sila. Ketika
melakukan ziarah ke Gunung Wutai (salah satu dari empat gunung sakral di
Tiongkok, Gunung Wutai merupakan tempat pertapaan Bodhisattva Manjusri), beliau
bersua langsung dengan Bodhisattva Manjusri, setelah bernamaskara, beliau
bertanya : “Para makhluk yang hidup pada era berakhirnya Dharma, terpisah jauh
dari insan suci, memiliki pengetahuan yang dangkal, tidak tahu harus melatih
pintu Dharma yang mana, merupakan yang paling penting, semoga Maha Suciwan,
menghapus keraguanku”.
Bodhisattva Manjusri menjawab : “Diantara beragam pintu
Dharma, tiada yang sebanding dengan melafal Amituofo. Saya sendiri, pada kalpa
lampau, oleh karena melafal Amituofo sehingga memperoleh segala jenis prajna
(kebijaksanaan), maka itu segala pintu Dharma, Prajna Paramita, samadhi yang
amat mendalam, bahkan lautan pengetahuan sejati para Buddha, semuanya ini
muncul dari melafal Amituofo, maka itu ketahuilah bahwa melafal Amituofo
merupakan Raja dari seluruh pintu Dharma, anda seharusnya melafal Raja dari
seluruh pintu Dharma ini”.
Master Fa Zhao bertanya : “Bagaimana cara
melafalnya?”
Bodhisattva Manjusri menjawab : “Di penjuru barat ada
Buddha Amitabha, kekuatan tekadNya tak terbayangkan, anda seharusnya mengingat
dan melafal Amituofo, berkesinambungan tak terputus, saat menjelang ajal pasti
terlahir ke Alam Sukhavati, selamanya takkan mengalami kemunduran lagi”.
Bodhisattva Manjusri bukan hanya mengajari para makhluk
melafal Amituofo membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan diriNya
sendiri juga bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, demikianlah bunyi Gatha
Pelimpahan Jasa yang diucapkan olehNya :
“Semoga saat ajalKu menjelang, menghapus segala rintangan; bertemu
dengan Buddha Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati”.
Dipetik dari :
Ceramah Master Wen Zhu
Judul :
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
念佛法门
(二)
佛在大宝积经,大般若经,大集经,大弥陀经以及其他大乘经典中,都称扬赞叹阿弥陀佛,功德不可思议,同时告诉我们,十方诸佛,亦皆称赞阿弥陀佛,愿力殊胜,功德难思,劝导我们应当发愿,往生彼国。
据说:中国唐朝法照大师,是一位戒行精严的高僧,朝五台山时,亲见文殊菩萨,即顶礼启问:‘末代凡夫,去圣遥远,知识浅劣,不知修行何种法门,最为其要,唯愿大圣,断我疑网。’文殊菩萨说:‘诸修行门,无如念佛。我过去劫中,因念佛故得一切种智,是故一切诸法,般若波罗密多,甚深禅定,乃至诸佛正遍知海,皆从念佛而生,故知念佛诸法之王,汝当念诸法之王。’照师问:‘当云何念’?文殊菩萨言:‘此世界西方有阿弥陀佛,彼佛愿力不可思议,汝当忆念,令无间断,命终决定往生,永不退转。’文殊菩萨不但教人念佛,求生西方极乐世界,自己也发愿,往生极乐,其回向偈是:‘愿我命终时,尽除诸障碍;面见阿弥陀,往生安乐刹。’
节录自 :